Mengoptimalkan Peran Perpustakaan Madrasah

 

Oleh: Adib Nur Aziz, Guru MTsN 7 Sleman

 

Perpustakaan merupakan salah satu sarana utama yang wajib ada di setiap madrasah, di samping ruang kelas, ruang guru, ruang UKS, laboratorium dan tempat ibadah. Keberadaannya sangat berarti karena menjadi tempat disimpannya berbagai jenis buku yang merupakan sumber belajar utama untuk para siswa. Apalagi di zaman ini, di mana literasi menjadi arus utama dalam dunia pendidikan. Maka posisi perpustakaan menjadi semakin kuat dan sangat penting.


Namun demikian, kita perlu melakukan refleksi dengan keberadaan perpustakaan di madrasah di masa ini. Berapa banyak siswa di madrasah yang memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar. Berapa banyak buku yang dipinjam oleh para siswa dalam setiap harinya. Bagaimana kondisi manajemen pelayanannya. Ada  banyak pertanyaan yang bisa kita ungkapkan untuk menjadi bahan evaluasi semua pengampu kepentingan di madrasah.


Fakta di lapangan sangat beragam. Di tengah rutinitas harian pembelajaran di kelas, para siswa hanya memiliki sedikit waktu untuk beristirahat. Waktu yang sedikit itu lebih banyak dihabiskan oleh para siswa untuk membeli jajanan di kantin kemudian dimakan di ruang kelas.Mereka tidak sempat bermain atau mengunjungi perpustakaan karena waktunya memang terbatas. Sehingga sangat wajar bila buku kunjungan pembaca perpustakaan tidak banyak terisi.


Ada permasalahan lain yang muncul di kalangan para siswa. Budaya membaca buku tampaknya masih harus digaungkan. Minat para siswa untuk membaca buku, baik fiksi maupun non-fiksi terasa masih kurang. Mereka lebih tertarik mendapatkan informasi dari layar HP, yang menawarkan beragam saluran berita, informasi dan hiburan sekaligus. Daya baca buku yang rendah di kalangan para siswa ini harus menjadi perhatian serius para guru. 

 

 Para pengelola perpustakaan mendapatkan tantangan yang tidak mudah dalam kondisi ini. Tidak sedikit buku-buku yang dipajang di rak-rak perpustakaan berdebu karena sudah lama tidak disentuh oleh para pembaca. Ruang perpustakaan menjadi salah satu tempat yang sepi di madrasah. Hal ini harus diubah dengan upaya yang sungguh-sungguh. Perpustakaan harus dioptimalkan perannya dalam arus besar gerakan literasi. Man jadda wajada!

Post a Comment

Previous Post Next Post