Oleh : Drs. ZURNI, S. Pd, M. MPd
Substansi memperingati
Hari Kebangkitan Nasional dalam perspektif pendidikan di era disrupsi
mencerminkan semangat perubahan, inovasi, dan pembangunan karakter bangsa yang
relevan dengan tantangan zaman. Berikut adalah penjabaran substansi,
diantaranya :
1. Semangat
Kebangkitan Nasional: Inti dan Nilai-Nilainya
Kebangkitan
Nasional yang ditandai dengan berdirinya Boedi Oetomo (1908) menjadi titik
tolak kesadaran nasional, ditandai oleh:
ü Persatuan dan kesadaran sebagai bangsa
ü Pendidikan sebagai alat perjuangan
ü Semangat kemandirian dan kemajuan
Dalam konteks
pendidikan, semangat ini mengarah pada pentingnya:
ü
Meningkatkan literasi dan
kompetensi intelektual
ü
Menumbuhkan kesadaran kebangsaan
ü
Menjadikan pendidikan sebagai
jalan pembebasan dan pemberdayaan
2. Era Disrupsi
sebagai tantangan dan peluang
Era
disrupsi ditandai oleh cepatnya perubahan teknologi dan informasi, seperti:
ü
Revolusi Industri 4.0 dan Society
5.0
ü
Kecerdasan buatan, big data, dan
otomatisasi
ü
Pergeseran paradigma kerja dan
belajar
Tantangan bagi
dunia pendidikan termasuk organisasi profesi guru:
ü
Ketertinggalan teknologi
ü
Ketimpangan akses pendidikan
ü
Kebutuhan keterampilan baru (soft
& hard skills)
3. Substansi
Kebangkitan Nasional dalam Pendidikan Era Disrupsi
a.
Relevansi Nilai Kebangkitan
ü Nasionalisme digital: Menanamkan cinta tanah air melalui literasi
digital dan etika berinternet.
ü Kemandirian berpikir dan berinovasi: Mendorong peserta didik menjadi
problem solver, bukan hanya konsumen informasi.
ü Kolaborasi lintas budaya dan keilmuan: Sejalan dengan semangat
persatuan dan gotong royong.
b. Pembaruan Pendidikan
ü
Transformasi kurikulum:
Menyesuaikan dengan kebutuhan abad 21 (kritis, kreatif, kolaboratif,
komunikatif).
ü
Pemanfaatan teknologi: Seperti
pembelajaran daring, hybrid learning, AI-based learning.
ü
Pendidikan karakter dan
kebangsaan: Tetap menjadi pondasi dalam membangun integritas dan identitas
nasional.
c.
Penguatan Guru dan Lembaga Pendidikan
ü Guru sebagai agen perubahan harus memilik kemampuan yang mumpuni dalam
hal literasi digital, adaptabilitas tinggi dan Komitmen kebangsaan yang utuh
ü Lembaga pendidikan termasuk madrasah harus menjadi pusat inovasi dan memfasilitasi
ekosistem belajar yang dinamis dan inklusif bagi semua.
Oleh karena itu,
maka substansi Kebangkitan Nasional dalam pendidikan era disrupsi adalah
memperkuat semangat nasionalisme dan kemandirian melalui pembaruan sistem
pendidikan yang adaptif, inovatif, dan berkarakter. Semangat yang dulu
membebaskan dari penjajahan, kini menginspirasi perjuangan melawan
ketertinggalan, ketidaktahuan, dan ketergantungan dalam arus global.
ü
Ketua Pokjawasa Madrasah Nasional
ü Ketua V PP PGM Indonesia
إرسال تعليق