“PENGARUH STRATEGI PENGHARGAAN, PERILAKU MANAJEMEN, DAN REMUNERASI TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI PROVINSI JAMBI”

 

Analisis Kritis Terhadap Disertasi Dra. Hj. Elviana, M.Si. Yang Berjudul:

“PENGARUH STRATEGI PENGHARGAAN, PERILAKU MANAJEMEN, DAN REMUNERASI TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI PROVINSI JAMBI”

Disampaikan oleh:


Dr. Aty Mulyani, S.Ag., S.Pd., M.Pd

Ketua Umum PGM Ind Wil. Jambi

Pengawas MA Kab. Muaro Jambi

Ketua III Forkom Ormas Jambi

 

Mencermati disertasi tersebut diatas, maka saya melakukan analisis kritis untuk menelaah dan mengkaji dari sudut pandang sebagai pendidik dan pendamping madrasah, yaitu: 

1. Konteks dan Relevansi Penelitian

Disertasi ini mengangkat isu yang sangat relevan dan aktual, yaitu bagaimana strategi penghargaan, perilaku manajemen, dan sistem remunerasi memengaruhi motivasi kerja guru di madrasah aliyah negeri. Di tengah dinamika perubahan kebijakan pendidikan dan tuntutan peningkatan mutu guru, penelitian ini hadir tepat waktu dan memberikan kontribusi nyata dalam ranah manajemen pendidikan Islam.

Kritik:
Namun, disertasi ini akan lebih kuat jika mencantumkan data longitudinal untuk melihat perubahan motivasi kerja guru dalam jangka waktu lebih lama, bukan hanya potret sesaat.

 

2. Kejelasan Fokus Variabel

Penelitian ini memiliki tiga variabel bebas:

  1. Strategi penghargaan
  2. Perilaku manajemen
  3. Remunerasi

Dan satu variabel terikat: motivasi kerja guru.

Kritik:
Meskipun ketiga variabel bebas ini relevan, pendekatan yang terlalu luas dapat berisiko pada kedangkalan analisis. Perlu kehati-hatian dalam menjabarkan hubungan kausal antara masing-masing variabel dengan motivasi kerja, terutama jika menggunakan pendekatan kuantitatif.

 

3. Metodologi Penelitian

Metodologi yang digunakan belum dijelaskan secara eksplisit dalam undangan, namun asumsi kuat bahwa pendekatan kuantitatif digunakan, mengingat sifat hubungan antarvariabel yang diukur.

Kritik:
Perlu dilakukan uji validitas dan reliabilitas instrumen secara ketat, terutama untuk mengukur konsep-konsep abstrak seperti "motivasi kerja". Selain itu, triangulasi data dengan pendekatan kualitatif (misalnya wawancara mendalam atau FGD) akan memperkaya hasil analisis.

 

4. Kebaruan Penelitian/Novelity

Penelitian ini mencoba mengintegrasikan tiga faktor penting dalam organisasi pendidikan Islam yang sering dikaji secara terpisah. Penekanan pada konteks Madrasah Aliyah Negeri di Jambi juga memberi sumbangan data lokal yang penting bagi pengembangan kebijakan berbasis bukti.

Kritik:
Namun, kebaruan penelitian perlu diperkuat dengan membandingkan temuan ini dengan studi sebelumnya di wilayah berbeda atau pada jenjang pendidikan lain.

 

5. Implikasi Teoritis dan Praktis

Disertasi ini berpotensi memberikan kontribusi terhadap teori motivasi kerja guru dan strategi manajerial dalam konteks pendidikan Islam. Secara praktis, hasil penelitian dapat menjadi dasar pengambilan kebijakan oleh Kementerian Agama, Kantor Wilayah, dan kepala madrasah.

Kritik:
Disarankan agar melanjutkan penelitian berikutnya dalam bentuk model manajemen penghargaan dan remunerasi yang kontekstual, sehingga dapat diadaptasi lebih luas di madrasah-madrasah lain. Dan atau oleh peneliti selanjutnya.

 

6. Kekuatan Utama Disertasi

a.        Fokus pada madrasah aliyah negeri: kontekstual dan aplikatif.

  1. Mengangkat variabel-variabel kunci dalam pengembangan SDM pendidikan.
  2. Disusun dengan sistematika ilmiah dan tampaknya melibatkan narasumber/penguji yang sangat kompeten.

 

7. Saran Penelitian Berikutnya

  1. Penambahan pendekatan campuran (mixed methods) untuk memperdalam analisis.
  2. Pemetaan motivasi kerja guru berbasis wilayah/kabupaten agar hasilnya lebih tajam.
  3. Elaborasi teoritis lebih dalam terhadap konsep “perilaku manajemen” dalam konteks kepemimpinan Islami.

 

Penutup

Secara keseluruhan, disertasi ini merupakan karya ilmiah yang berkontribusi penting bagi bidang manajemen pendidikan Islam. Dengan sedikit penguatan pada aspek metodologi dan kedalaman analisis teoritis, karya ini layak dijadikan rujukan utama bagi pengembangan strategi peningkatan kinerja guru madrasah.

Bionarasi : Dr. Aty Mulyani, S.Ag., S.Pd., M.Pd. adalah seorang pendidik yang berdedikasi dalam pengembangan pendidikan di madrasah. Sebagai guru Biologi di MAN Insan Cendekia Jambi dan bertransformasi ke pendamping madrasah, ia aktif membimbing guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Selain itu, ia juga merupakan aktivis organisasi profesional PGM IND, PPMN, IGI, APSI, APMI, Forkom Ormas Jambi, yang berkontribusi dalam berbagai forum pendidikan. Sebagai penulis, Dr. Aty telah menghasilkan berbagai karya di bidang pendidikan dan manajemen pendidikan, yang menjadi referensi bagi pendidik dan praktisi pendidikan di Indonesia.

 

Post a Comment

أحدث أقدم