Analisis
Kritis Terhadap Disertasi Dra. Hj. Elviana, M.Si.
Yang Berjudul:
“PENGARUH
STRATEGI PENGHARGAAN, PERILAKU MANAJEMEN, DAN REMUNERASI TERHADAP MOTIVASI
KERJA GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI PROVINSI JAMBI”
Disampaikan
oleh:
Dr. Aty Mulyani, S.Ag., S.Pd., M.Pd
Ketua Umum PGM Ind Wil. Jambi
Pengawas MA Kab. Muaro Jambi
Ketua III Forkom Ormas Jambi
Mencermati
disertasi tersebut diatas, maka saya melakukan analisis kritis untuk menelaah
dan mengkaji dari sudut pandang sebagai pendidik dan pendamping madrasah,
yaitu:
1.
Konteks dan Relevansi Penelitian
Disertasi
ini mengangkat isu yang sangat relevan dan aktual, yaitu bagaimana strategi
penghargaan, perilaku manajemen, dan sistem remunerasi memengaruhi motivasi
kerja guru di madrasah aliyah negeri. Di tengah dinamika perubahan kebijakan
pendidikan dan tuntutan peningkatan mutu guru, penelitian ini hadir tepat waktu
dan memberikan kontribusi nyata dalam ranah manajemen pendidikan Islam.
Kritik:
Namun, disertasi ini akan lebih kuat jika mencantumkan data longitudinal
untuk melihat perubahan motivasi kerja guru dalam jangka waktu lebih lama,
bukan hanya potret sesaat.
2.
Kejelasan Fokus Variabel
Penelitian
ini memiliki tiga variabel bebas:
- Strategi penghargaan
- Perilaku manajemen
- Remunerasi
Dan
satu variabel terikat: motivasi kerja guru.
Kritik:
Meskipun ketiga variabel bebas ini relevan, pendekatan yang terlalu luas dapat
berisiko pada kedangkalan analisis. Perlu kehati-hatian dalam
menjabarkan hubungan kausal antara masing-masing variabel dengan motivasi
kerja, terutama jika menggunakan pendekatan kuantitatif.
3.
Metodologi Penelitian
Metodologi
yang digunakan belum dijelaskan secara eksplisit dalam undangan, namun asumsi
kuat bahwa pendekatan kuantitatif digunakan, mengingat sifat hubungan antarvariabel
yang diukur.
Kritik:
Perlu dilakukan uji validitas dan reliabilitas instrumen secara ketat, terutama
untuk mengukur konsep-konsep abstrak seperti "motivasi kerja". Selain
itu, triangulasi data dengan pendekatan kualitatif (misalnya wawancara
mendalam atau FGD) akan memperkaya hasil analisis.
4.
Kebaruan Penelitian/Novelity
Penelitian
ini mencoba mengintegrasikan tiga faktor penting dalam organisasi pendidikan
Islam yang sering dikaji secara terpisah. Penekanan pada konteks Madrasah
Aliyah Negeri di Jambi juga memberi sumbangan data lokal yang penting bagi
pengembangan kebijakan berbasis bukti.
Kritik:
Namun, kebaruan penelitian perlu diperkuat dengan membandingkan temuan ini
dengan studi sebelumnya di wilayah berbeda atau pada jenjang pendidikan lain.
5.
Implikasi Teoritis dan Praktis
Disertasi
ini berpotensi memberikan kontribusi terhadap teori motivasi kerja guru dan
strategi manajerial dalam konteks pendidikan Islam. Secara praktis, hasil
penelitian dapat menjadi dasar pengambilan kebijakan oleh Kementerian Agama,
Kantor Wilayah, dan kepala madrasah.
Kritik:
Disarankan agar melanjutkan penelitian berikutnya dalam bentuk model
manajemen penghargaan dan remunerasi yang kontekstual, sehingga dapat
diadaptasi lebih luas di madrasah-madrasah lain. Dan atau oleh peneliti
selanjutnya.
6.
Kekuatan Utama Disertasi
a.
Fokus pada madrasah
aliyah negeri: kontekstual dan aplikatif.
- Mengangkat
variabel-variabel kunci dalam pengembangan SDM pendidikan.
- Disusun dengan
sistematika ilmiah dan tampaknya melibatkan narasumber/penguji yang sangat
kompeten.
7.
Saran Penelitian Berikutnya
- Penambahan
pendekatan campuran (mixed methods) untuk memperdalam analisis.
- Pemetaan motivasi
kerja guru berbasis wilayah/kabupaten agar hasilnya lebih tajam.
- Elaborasi teoritis
lebih dalam terhadap konsep “perilaku manajemen” dalam konteks
kepemimpinan Islami.
Penutup
Secara
keseluruhan, disertasi ini merupakan karya ilmiah yang berkontribusi penting
bagi bidang manajemen pendidikan Islam. Dengan sedikit penguatan pada aspek
metodologi dan kedalaman analisis teoritis, karya ini layak dijadikan rujukan
utama bagi pengembangan strategi peningkatan kinerja guru madrasah.
|
Bionarasi : Dr. Aty Mulyani, S.Ag., S.Pd., M.Pd.
adalah seorang pendidik yang berdedikasi dalam pengembangan pendidikan di
madrasah. Sebagai guru Biologi di MAN Insan Cendekia Jambi dan
bertransformasi ke pendamping madrasah, ia aktif membimbing guru dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran. Selain itu, ia juga merupakan aktivis
organisasi profesional PGM IND, PPMN, IGI, APSI, APMI, Forkom Ormas Jambi,
yang berkontribusi dalam berbagai forum pendidikan. Sebagai penulis, Dr. Aty
telah menghasilkan berbagai karya di bidang pendidikan dan manajemen
pendidikan, yang menjadi referensi bagi pendidik dan praktisi pendidikan di
Indonesia. |
إرسال تعليق